Radiologi Mengajar 2022; Tingkatkan Softskill dan Kepercayaan Diri Melalui Multiliterasi

Himpunan Mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Fakukltas Vokasi Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Radiologi Mengajar 2022 yang merupakan program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat dan Lestari Lingkungan yang dilaksanakan di SDN Pepelegi 2 Sidoarjo. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk siswa sekolah dasar dalam membentuk soft skill mereka sejak dini. Kepedulian terhadap minat literasi juga merupakan faktor pendukung dari kegiatan ini, karena menurut Data Kominfo Republik Indonesia, kiat literasi masih lumayan minim dan harus lebih ditingkatkan lagi.

Pada kegiatan Radiolohgi Mengajar 2022 kita berfokus mengajar pada 3 bidang yaitu MC (Master Of Ceremony), pidato dan dongeng. Pada bidang yang pertama kita mengajar MC (Master Of Ceremony), seperti yang kita ketahui bersama MC merupakan satu keahlihan yang sangat dibutuhkan disetiap acara atau kegiatan. Pada bidang MC kita mengajarkan 2 jenis MC yaitu jenis MC Semi formal dan MC Nonformal. Pada bidang yang kedua yaitu pidato, keahlihan publik speaking dapat kita bentuk dalam berpidato, disini kita mengajarkan macam serta teknik berpidato yang baik dan benar. Pada bidang yang ketiga yaitu dongeng, sebagai bentuk turut ikut serta melestarikan budaya Indonesia dan sebagai benuk rasa kepercayaan diri pada siswa. Mendongeng merupakan wadah yang tepat karena siswa dapat mengeskplor ekspresi dari watak yang diperankannya.

Kegiatan Radiologi Mengajar 2022 mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2022 dengan pembukaan kegiatan, penjelasan materi serta pembagian minat siswa dari 3 bidang yaitu MC (Master of Ceremony), pidato dan dongeng. Pertemuan selanjutnya pada tanggal 10 September 2022 siswa sudah dibagi dalam 3 kategori, selanjutnya siswa diberi bekal materi, tips serta praktik dalam ber-MC, berpidato serta mendongeng. Pada pertemuan terakhir yaitu tanggal 17 September 2022 dilaksanakan Evaluasi belajar atau lomba dari masing-masing kategori yang sudah dipelajari oleh siswa. Tujuannya untuk mengevaluasi pemahaman siswa dalam menyerap materi yang sudah diajarkan pada hari sebelumnya.

“Siswa SDN Pepelegi 2 Sidoarjo sangat antusias dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan yang ada di Radiologi Mengajar 2022, terdapat juga manfaat dari kegiatan ini yaitu siswa dapat memahami dan mempraktikkan cara ber-MC, berpidato serta mendongeng yang baik dan benar” kata Brayen Najoan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *