CRANIAL (Creativepreneur Radiology for Millennial Era) 2023: ”Targeting The Right Entrepreneurial Opportunities in Millennial Generation”

CRANIAL (Creativepreneur Radiology for Millennial Era) 2023:  “Targeting The Right Entrepreneurial Opportunities in Millennial Generation”

Masa kuliah adalah masa masa dimana kita dituntut untuk menimba ilmu yang bermanfaat sebanyak banyaknya, dan yang terutama masa perkuliahan ini adalah masa dimana kita dituntut untuk mandiri dalam segala aspek terutama bagi anak anak perantau yang jauh dari orangtuanya. Bagi mereka yang mempunyai finansial yang menengah kebawah pastinya secara otomatis akan memanfaatkan uang dari orang tua mereka dengan sebaik baiknya. Acara ini bertujuan Untuk membekali mahasiswa jurusan radiologi agar bisa dan berani membuka usaha agar mendapatkan penghasilan selain dari orang tuanya dan juga untuk menambah uang jajan dan lainya, Himpunan Mahasiswa Radiologi (Hima Radiologi) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan acara webinar creativepreneur radiology for millennial era (CRANIAL) pada hari Sabtu (03/06/2023) melalui zoom meeting yang dihadiri oleh Amelia Puspa Ranti S.Tr.Kes (owner DIY Murah) dan Widyah Puspitasari S.Si (owner planty café hampers and cookies).

Dalam kegiatan tersebut, kak Amelia membagikan pengalamannya dalam  merintis bisnis dan bagaimana cara memulai bisnis yang baik. Menurut kak Amelia (owner DIY Murah), Kegiatan membangun usaha baik menjual barang atau jasa dan dengan adanya hal ini dapat menciptakan beberapa keuntungan. Wirausaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja, sesuatu yang terpenting di wirausaha adalah tekad untuk berwirausaha. Wirausaha tentunya memiliki kelebihan yakni mendapatkan keuntungan berupa uang untuk menambah pendapatan tambahan khususnya untuk mahasiswa agar memiliki hasil sendiri. lalu akan memiliki relasi dan status sosial yang akan lebih dikenal masyarakat luas, selain itu dengan berwirausaha kita dapat membantu orang untuk menyediakan kebutuhan mereka dengan jangkauan lebih mudah, selain itu kita dapat menjadi mahasiswa yang lebih produktif lagi sehingga lebih bisa mengatur waktu agar tidak bermalas malasan saja. Sebelum berwirausaha kita harus mengetahui jenis jenis wirausaha, yakni bisnis ritel, bisnis start up, dan industri kreatif.

Pastikan memberikan nama produk dengan kosakata yang mudah dijangkau atau bersifat umum sehingga dapat lebih mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Lakukan riset harga pasar produk yang serupa. Dan pelajari laman media pemasaran yang digunakan. Berikan beberapa bonus untuk menarik perhatian pelanggan. Buat beberapa variasi produk sehingga calon pelanggan dapat memilih produk yang mereka inginkan. Targetkan penjualan produk, dan perhatikan setiap rating toko. Setelah merilis produk, tentunya untuk mencapai target pemasaran dapat dilakukan dengan memberikan promo promo seperti voucher diskon toko, gratis ongkos kirim, dan juga hadiah hadiah di setiap pengiriman produk.

 

Dengan berkembangnya era digital saat ini, semakin banyak peluang usaha juga yang terbuka dibanyak media sosial, sehingga kita dengan mudah mencari supplier dari shopee, marketplace, facebook dan masih banyak lagi. Sebagai mahasiswa sendiri, kita juga harus memperbanyak relasi serta meningkatkan kualitas diri dengan aktif berorganisasi atau bisa juga dengan mengikuti perlombaan. Sehinga kita dapat banyak pengalaman dan juga teman dari jurusan lain.

Diakhir pemaparan materi, Widyah Puspitasari berpesan kepada para peserta untuk Langkah pertama untuk merintis sebuah usaha adalah temukan alasan memilih untuk membuka usaha tersebut dan lakukan riset pasar. Tentukan spesifikasi target pemasaran. Dan tentukan metode marketing yang akan dilakukan. Buat laporan keuangan sespesifik mungkin dan serapi mungkin. Untuk membuka sebuah usaha tentunya tidak luput dari sebuah proposal bisnis. Penyusunan laporan harus didukung dengan data kuantitatif dan analisis yang mendalam. Menentukan tujuan pembuatan laporan bisnis, misalnya dengan tujuan mendapatkan
pendanaan.

 

Cari tau mengenai pendanaan yang akan dilakukan seperti mencari para peserta yang mengikuti program tersebut, dan lakukan penggalian informasi dari peserta. Selain PMW ada juga KBMI (Kompetensi Berwirausaha Mahasiswa Indonesia). Untuk mendapatkan pendanaan usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Untuk menulis sebuah proposal bisnis pastikan melakukan kajian pustaka atau riset terlebih dahulu, lalu susun proposal dengan arahan dari seorang profesional atau ahli, pastikan topik atau produk yang dihasilkan merupakan produk yang sedang dibutuhkan atau sedang tren di masa saat ini, lalu pastikan produk yang anda keluarkan merupakan produk hasil evaluasi dari produk produk lain yang telah tersedia supaya produk yang anda hasilkan memiliki nilai tambah dibanding produk yang sudah terilis.

Widyah puspitasari turut memberikan saran kepada para pemula agar memulai wirausaha dengan menghilangkan ketakutan, memahami prioritas, jangan takut untuk take a step, dan hilangkan rasa malas karena hal tersebut hanya akan menghambat kalian untuk berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *