RENOGRAM 2023: PEMBERDAYAAN KADER PKK DESA KARANGDIYENG DALAM PENGOLAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI ECO ENZYME

RENOGRAM 2023: PEMBERDAYAAN KADER PKK DESA KARANGDIYENG DALAM PENGOLAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI ECO ENZYME

Masyarakat di Desa Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto memiliki kebiasaan buruk dalam mengolah sampah, yaitu dengan membakarnya di pekarangan rumah yang dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan lingkungan khususnya mengenai gangguan pernapasan. Berdasarkan permasalahan tersebut, Divisi Pengabdian Masyarakat dan Lestari Lingkungan dari Himpunan Mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraan mengadakan kegiatan RENOGRAM 2023 dengan berlandaskan poin ke 1 SDGs yaitu Tanpa Kemiskinan (No Poverty) dan poin ke 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera (Good Health and Well-being).

Serangkaian kegiatan RENOGRAM 2023 dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 8-9 Juli 2023. Pada hari pertama, dilaksanakan pembukaan kegiatan RENOGRAM 2023 yang dihadiri oleh Kepala Desa Karangdiyeng Bapak Sulaima Affandi S.Ti. beserta seluruh anggota kader PKK Desa Karangdiyeng. Sesi pembukaan ditutup dengan penyerahan plakat oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraan, Satriyo Nugroho kepada Kepala Desa Karangdiyeng Bapak Sulaima Affandi S.Ti.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu penyuluhan mengenai dampak negatif dari pencemaran lingkungan sekitar yang disampaikan oleh Mahasiswi Teknologi Radiologi Pencitraan, Dyah Eka Putri dan dilanjutkan materi kedua mengenai manfaat proses pembuatan eco enzyme yang juga disampaikan oleh Mahasiswi Teknologi Radiologi Pencitraan, Navila Azka Salsabilla.

Dalam waktu yang bersamaan, terdapat kegiatan lain yang dilaksanakan di SDN 1 Karangdiyeng. Kegiatan tersebut meliputi edukasi kepada siswa-siswi mengenai pemilahan sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Selain melakukan edukasi mengenai jenis-jenis sampah, terdapat pula lomba menghias sampah yang terbuat dari limbah sampah plastik. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, siswa-siswi SDN 1 Karangdiyeng mampu memilah sampah sesuai dengan jenis-jenis yang sudah dijelaskan terutama dalam lingkungan sekolah.

Pada hari kedua, dilaksanakan kegiatan medical check up dan bazar murah yang berpusat di Balai Desa Karangdiyeng. Medical check up meliputi pemeriksaan tensi darah, tes gula darah, dan tes asam urat. Sedangkan sembako yang terdapat pada paket bazar murah berupa beras, gula, dan minyak goreng. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta membantu perekonomian masyarakat Desa Karangdiyeng. Selain itu, terdapat kegiatan tambahan yaitu membersihkan dan menanam bibit yang dilaksanakan di Bank Sampah Desa Karangdiyeng untuk meningkatkan daya tarik masyarakat Desa Karangdiyeng dalam pemilahan sampah.

Kegiatan RENOGRAM 2023 ditutup dengan evaluasi bersama Bapak Affandi, S.Ti. selaku Kepala Desa Karangdiyeng beserta Ibu Rita Wahyuni selaku Ketua TP PKK Desa Karangdiyeng mengenai kegiatan RENOGRAM 2023 yang telah dilakukan dan mendapatkan output yang diinginkan, serta adanya manfaat keberlanjutan untuk desa Karangdiyeng dari kegiatan RENOGRAM 2023.

Penulis : Rafifa Bilqis Khairunnisa

Pembina Hima : Amillia Kartikasari

Program Studi : D4 Teknologi Radiologi Pencitraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *