RONTGEN: Temu Akrab dan Sharing Sessions, Pengenalan Kehidupan Kampus dan Kesiapan menjadi Keluarga HIMARO UNAIR 2023

RONTGEN: Temu Akrab dan Sharing Sessions, Pengenalan Kehidupan Kampus dan Kesiapan menjadi Keluarga HIMARO UNAIR 2023

 

DIV TRP UNAIR- Penyelenggaraan “Temu Akrab dan Sharing Sessions” dimulai pada tanggal 17 September 2023. Dalam Rangka mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan sesama mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Radiologi yang berasal dari banyak daerah di Indonesia, maka kami dari divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa akan membuatkan suatu wadah yang mampu untuk mewujudkannya. Temu akrab dan sharing session ini merupakan sebuah perkenalan lebih lanjut, pemberian materi, berbagi cerita pengalaman dalam perkuliahan ataupun di luar perkuliahan yang pastinya sangat bermanfaat dan memberikan semangat kepada mahasiswa yang lainnya. Dalam temu akrab ini keakraban sesama mahasiswa radiologi akan dapat dirasakan, terlebih mahasiswa angkatan baru. Dengan kegiatan ini, mahasiswa radiologi diharapkan akan memiliki cita-cita, jiwa dan semangat belajar yang tinggi dengan tetap mengingat jati dirinya sebagai mahasiswa penerus bangsa. Semakin majunya IPTEK diharapkan tidak membuat generasi-generasi muda radiologi terlena agar terciptanya mahasiswa radiologi yang tinggi pengetahuan, cinta akan budaya, dan memiliki keteguhan iman.

Diawali dengan penyampaian materi berupa konsep kreatif gen z yang berisikan kepemimpinan dan kode etik perkuliahan. Penyampaian materi ini dilaksanakan langsung oleh dosen dari Program Studi Teknologi Radiologi Pencitraan yaitu Ibu Fira Khadijah S.Tr.Kes dan juga oleh Alumni angkatan 2019 yaitu Kak Bagaskara S.Tr. Kes. Adanya penyampaian materi mengenai perihal tersebut diharapkan para peserta baru atau mahasiswa baru bisa membuka wawasan lebih luas mengenai dunia perkuliahan, yang mana perkuliahan bukan tentang belajar di program studi yang diemban tapi belajar juga untuk bisa menjadi diri sendiri dengan pengendalian emosi dan memimpin diri sendiri untuk memilih atau membuat keputusan.

Acara ini diselenggarakan dalam beberapa pertemuan dan tema dalam masing-masing pertemuan. Untuk pertemuan kedua, menghadirkan konsep “Campus Tour”, yang mana peserta atau mahasiswa baru dikenalkan mengenai fasilitas dan apa saja yang akan mereka dapatkan selama berkuliah di D-IV TRP UNAIR nanti. Selain pengenalan, tentunya ada game dan juga kuis seru yang menjadi tantangan selama studi “Campus Tour” tersebut. Acara ini diharapkan dapat memberikan insight terhadap mahasiswa baru agar dapat mengetahui tempat dan ruangan mana saja akan digunakan selama melaksanakan kuliah pada Program Studi Teknologi Radiologi Pencitraan.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Focus Group Discussion atau biasa dikenal dengan FGD merupakan proses pengumpulan data dan informasi yang sistematis mengenai suatu permasalahan yang spesifik melalui diskusi kelompok dan dipimpin oleh seorang moderator agar kegiatan diskusi tetap berjalan sesuai alur yang dibahas. Kegiatan FGD ini dilakukan dengan tujuan mahasiswa baru dapat menggali pemahaman lebih dalam, menghasilkan ide-ide baru dan melek akan isu yang terjadi saat ini.

Selain itu, Acara Temu Akrab dan Sharing Sessions juga ditambah dengan adanya kegiatan pentas seni. Pentas seni merupakan kegiatan pertunjukan berbagai kemampuan dan penampilan serta kreativitas ini. Pentas seni ini digelar guna untuk mencapai tujuan acara ini yaitu membantu upgrading mahasiswa baru dan mempererat solidaritas antar mahasiswa radiologi secara keseluruhan. Acara pentas seni ini diharapkan mahasiswa baru dapat mengembangkan bakat seni, meningkatkan kreativitas dan memupuk kerja sama tim. Hal tersebut terjadi karena pentas seni ini dilakukan oleh gabungan dua kelompok yang diharapkan dapat merekatkan bonding antarkelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *