R-POD Eps 4 : Tips Public Speaking!

R-POD Eps 4: Tips Public Speaking!

Public speaking mungkin merupakan hal yang penting pada masa perkuliahan atau dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya mahasiswa yang minder ataupun kurang percaya diri ketika tampil di depan banyak orang. Maka dari itu, Radiologi Podcast hadir Kembali dengan membawakan tema tips public speaking. Tentunya dengan membawa narasumber keren yaitu Kak Abiyyu dan moderator cantik kita kak Valga. Kak Abiyyu merupakan mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan yang juga berkarir dalam bidang education company serta mendirikan sebuah organisasi di bidang karir dengan nama kawan karir. Pengalaman kak Abiyyu yang sering bertemu banyak orang maupun kerap untuk menjadi MC atau Moderator membuat kak Abiyyu membagikan sedikit tips public speaking kepada kita semua.

Satu hal yang penting untuk memulai public speaking adalah berani, percaya diri serta PDKT atau yang sering kita sebut pendekatan. Berani dan yakin kepada diri sendiri dapat memberi value lebih agar audiens tertarik dan larut dalam perbincangan. Selain membuat audiens yakin dan tertarik, pendekatan kepada audiens juga diperlukan agar kedua pihak merasa lebih santai. Bisa dengan menyapa audiens, berkenalan ataupun memberikan sedikit candaan dalam pembawaan sebuah acara. Selain itu, persiapan diri sendiri juga harus diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu diingat, sebagai berikut:

  1. Kuasai topik presentasi

Dengan menguasai topik presentasi, grogi atau pun kesalahan pengucapan dapat diminalisasi. Sehingga, tidak terjadi mati kata atau terlalu banyak menggunakan kata “ee” ketika melakukan public speaking. Hal ini dapat diseimbangkan dengan melakukan pendekatan gaya bicara ataupun gestur tubuh yang sesuai dengan konsep acara.

  1. Latihan terus menerus.

Latihan berbicara ataupun public speaking dapat dilakukan dimana saja. Bisa mengobrol dengan diri sendiri, berlatih di depan cermin untuk melihat mimic muka dan gestur, serta dengan membaca contoh teks dengan intonasi public speaking yang baik.

  1. Perhatikan body language.

Komunikasi yang baik harus diimbangi dengan postur tubuh yang baik juga. Karena postur tubuh yang buruk dapat terjadi karena kurangnya percaya diri. Biasanya spontan akan memasukkan tangan ke saku, atau menyilangkan lengan. Hal ini dapat membuat diri kita menjadi buruk di mata audiens. Untuk itu, postur tubuh yang baik sangat diperlukan. Bisa diseimbangkan dengan senyum agar menghilangkan ketegangan dan cara bicara lebih enjoy dan percaya diri.

Adapun manfaat public speaking yang dapat diperoleh adalah, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan value, menambah relasi, meningkatkan keterampilan komunikasi, serta menambah citra baik pada diri sendiri. Oleh karenanya, tidak perlu minder untuk memulai public speaking, cukup lakukan dan perbaiki gaya public speaking mu. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *